Senin, 03 Desember 2012

RESUME KELOMPOK 2 “PENYELESAIAN KONFLIK DALAM ORGANISASI”


RESUME KELOMPOK 2 “PENYELESAIAN KONFLIK DALAM ORGANISASI”

Dalam organisasi kita dapat menyalurkan pendapat – pendapat kita untuk menentukan suatu keputusan atau tujuan bersama – sama.Setiap anggota pasti memiliki pemikiran dan pendapat yang berbeda – beda dan setiap dari mereka ingin pendapatnya di dengar oleh anggota – anggota lain dalam organisasi tersebut.Organisasi memang menjadi salah satu bagi kita untuk mengeluarkan pendapat dan bersama – sama memusyawarahkan sebuah masalah yang terjadi dalam organisasi,akan tetapi dalam organisasi itu tidak selalu berjalan dengan mulus atau berjalan dengan lancar.Ada saja konflik – konflik atau masalah dalam organisasi tersebut.Konflik itu sendiri adalah adanya sebuah gesekan atau suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) yang dimana salah satu pihak tersebut menyingkirkan pihak lain bahkan juga menghancurkannya dan membuatnya tidak berdaya.
Dengan adanya sesuatu konflik dalam organisasi tersebut dapat menciptakan suatu perubahan sosial.maksudnya adalah agar terciptanya suatu pemikiran – pemikiran baru untuk kedepannya organisasi tersebut bisa lebih baik lagi dari sebelumnya.memang dalam setiap organisasi itu pasti ada konflik dan kita tidak bisa menghindarinya.Jika dalam suatu organisasi tersebut terjadi suatu konflik,maka salah satu solusi yang bisa diatasi atau lebih tepatnya jalan keluarnya adalah mengumpulkan atau mempertemukan kedua belah pihak yang saling terkait dengan konflik,bila kedua belah pihak tersebut sudah dipertemukan, maka lengkah selanjutnya adalah mulai mengidentifikasi sumber atau masalah konflik yang terjadi (penyebab konflik tersebut).Setelah dapat penyebab konflik tersebut,lalu mulailah dimusyawarahkan dengan kepala dingin untuk menyelesaikan konflik dan masalah yang  sedang terjadi tersebut.
Dalam organisasi juga terdapat macam – macam konflik yaitu :
·         Konflik Intrapersonal
Adalah konflik yang terjadi pada suatu individu dengan individu lainnya di dalam suatu lingkungan.Ada tiga macam bentuk konflik intrapersonal yaitu :
1.      Konflik pendekatan – pendekatan (Approach – approach Conflict)
Adalah konflik yang timbul dengan cara mendekati sebuah individu – individu tersebut agar tercipta sebuah konflik.
2.      Konflik pendekatan-penghindaran (Approach – avoidance Conflict)
Adalah konflik yang timbul dengan cara mendekati individu tersebut lalu menghindarinya.
3.      Konflik penghindaran – penghindaran (Avoidance – avoidance Conflict)
Adalah penyelesaian masalah dengan cara menghindari masalah tersebut.
·         Konflik Interpersonal
Adalah konflik yang terjadi pada suatu individu dengan individu lainnya di luar suatu lingkungan.
·         Konflik antar individu – individu dan kelompok – kelompok
Adalah konflik yang terjadi pada sebuah individu – individu atau sebuah kelompok – kelompok dalam suatu lingkungan sekitarnya.
·         Konflik Interorganisasi
Adalah konflik yang terjadi di dalam sebuah organisasi dengan organisasi yang lainnya.

Itulah macam – macam konflik yang terjadi pada lingkungan disekitar kita.dalam setiap organisasi pasti ada saja konflik yang terjadi,dan dalam setiap konflik ada cara penyelesaiannya.Dan berikut ini adalah cara – cara Penyelesaian Konflik :

·         Menghindar
Maksudnya dengan cara menghindar adalah jika kita suatu konflik yang terjadi pada pihak – pihak yang terkait dan salah satu tidak ada yang bisa mengalah maka salah satu caranya yaitu dengan menghindar,karena bila terus dipaksakan maka keadaannya akan semakin rumit.

·         Mengakomodasi
                      
          Kompromi atau Negosiasi
Maksudnya adalah dengan cara dikompromikan atau dinegosiasikan sebuah konflik yang terjadi dan dicari solusi yang tepat.

·         Memecahkan masalah atau kolaburasi

Jadi dalam suatu organisasi itu pasti akan terjadi suatu konfik,hal tersebut sangatlah wajar terjadi dalam organisasi dan salah satu solusi yang tepat untuk menyelesaikan konflik atau masalah yang terjadi adalah dengan cara di musyawarahkan untuk mancapai suatu hasil yang tepat.Dan konflik itu tidak ada yang menguntungkan bagi setiap pihak – pihak yang terkait dan konflik tidak bisa dijadikan sebagai sebuah alasan sebagai hambatan yang sulit diselesaikan pada setiap organisasi sehingga organisasi tersebut kinerjanya menjadi terhambat karena suatu konflik yang terjadi dalam organisasi tersebut.Agar dalam setiap organisasi bisa menjadi organisasi yang baik tanpa adanya konflik yang terus terjadi adalah dengan cara saling menjalin dan menjaga komunikasi yang baik dengan anggota – anggota lain dalam  suatu oraganisasi dan saling menghargai setiap pendapat – pendapat yang dikeluarkan oleh anggota – anggota lain.Dengan begitu maka organisasi tersebut dapat menjadi organisasi yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar