ALL ABOUT STRUKTUR ORGANISASI DATA 2
Assalamualaikum wr.wb
Pada kesempatan ini saya akan mengulas mengenai apa saja
yang berkaitan dengan struktur organisasi data 2.Ok langsung saja,yang pertama kita belajar
tentang struktur data,struktur data itu sendiri adalah suatu koleksi atau
kelompok data yang dapat dikarakterisasikan oleh organisasi serta operasi yang
didefinisikan terhadapnya,pada materi struktur data ini kita akan mempelajari tentang
struktur data dan jenis data seperti :
Tipe data sederhana
1. Tunggal : Integer,
Real, Boolean, Karakter
2. Majemuk : String
-Struktur data
1. Sederhana : Array,
Record
2. Majemuk :
- Linier : Linier Linked List, Stack, Queue
- Non Linier : Binary Tree, Binary Search Tree, General
Tree, Tree, Graf
Karena struktur data merupakan bagian terpenting dalam
bahasa pemrograman,jika kita dapat mengetahui tentang jenis – jenis struktur
data,maka kita akan mudah untuk mempelajari bahasa pemrograman baik itu
menggunakan basic,pascal,c++,vb,ataupun yang lainnnya.selanjutnya pada materi kedua kita
akan mempelajari mengenai Array,aray itu sendiri adalah himpunan hingga elemen
terurut dan homogen,dalam array terbagi menjadi tiga jenis yaitu array dimensi
satu,array dimensi dua dan array dimensi tiga,array dimensi satu contohnya
seperti vector,vector adalah bentuk sederhana dari array yang merupakan array
dimensi satu,sedangkan array dimensi dua adalah suatu array yang setiap
elemennya merupakan tipe data array pula,array berdimensi dua memiliki 2 index
yaitu baris dan kolom dan array dimensi tiga Adalah suatu array yang setiap
elemennya merupakan tipe data array juga
yang merupakan array dimensi dua.Pendeklarasian array dalam pemrograman itu
sendiri contohnya adalah menyajikan nilai UAS mahasiswa yang disimpan dalam
array Nilai.
Selanjutnya kita akan mempelajari tentang stack dan
queue.Stack adalah suatu bentuk khusus dari linier list, dengan operasi
penyisipan dan penghapusan dibatasi hanya pada satu sisinya, yaitu puncak stack
(TOP).Penerapan stack dalam kehidupan sehari – hari contohnya adalah baki pada
café,buku telepon dll.sedangkan Queue adalah antrean atau Suatu bentuk khusus
dari linear list, dengan operasi
penyisipan(insertion) hanya diperbolehkan pada salah satu sisi, yang
disebut REAR, dan operasi penghapusan(deletion) hanya diperbolehkan pada sisi yang lainnya, yang disebut
FRONTdari list.Penerapan Queue sendiri pada kehidupan sehari –hari contohnya
adalah pengantrian pengambilan makanan,proses pembuatan KRS dll.Perbedaan
antara Stack dan Queue adalah pada Operasi dasarnya jika pada stack terdiri
dari CREATE(stack) ,ISEMPTY(stack)
,PUSH(elemen, stack) ,POP(stack), sedangkan pada queue terdiri dari CREATE ,ISEMPTY ,INSERT ,REMOVE.
Selanjutnya kita akan mempelajari tentang graph pada materi
sod 2 ini,graph adalah Himpunan V (Vertex) yang elemennya disebut simpul (atau
point atau node atau titik) Himpunan E (Edge) yang merupakan pasangan tak urut
dari simpul, anggotanya disebut ruas (rusuk atau sisi).Pada materi ini saya
juga membuat langkah – langkah pembuatan graph dengan menggunakan aplikasi
adobe photoshop cs5,pembuatan graph itu sangat mudah jika kita dapat memahami
tentang graph itu sendiri.Dibawah ini saya juga akan memberikan link untuk
mendownload langkah – langkah pembuatan graph sederhana yang saya buat.
Link file :
Dalam materi graph juga berkaitan dengan penerapan pada
algoritma warshall dan algoritma djikstra.Algoritma warshall adalah salah satu
varian dari pemrograman dinamis, yaitu suatu metode yang melakukan pemecahan
masalah dengan memandang solusi yang akan diperoleh sebagai suatu keputusan
yang saling terkait. Artinya solusi-solusi tersebut dibentuk dari solusi yang
berasal dari tahap sebelumnya dan ada kemungkinan solusi lebih dari satu.Dalam
algoritma warshall kita dapat mengambil suatu keputusan yang sangat
dinamis,karena penerapan pada algoritma warshall juga menjamin keberhasilan
penemuan solusi optimum untuk kasus penentuan lintasan terpendek (single pair
shortest path).Dalam penerapan sehari – hari algoritma warshall juga dapat
digunakan misalnya bila kita ingin bepergian ke suatu tempat dan akses untuk
menuju tempat tersebut banyak,kita bisa menggunakan penerapan algoritma
warshall yang lebih memilih jalur terpendek sehingga dapat menghemat waktu
perjalanan.
Berbeda dengan algoritma djikstra,Algoritma djikstra itu
sendiri adalah algoritma yang digunakan untuk mencari lintasan
terpendek pada sebuah graf berarah maupun tidak. Cara
kerja Algoritma dijkstra memakai
strategi greedy, dimana pada setiap langkah di pilih sisi dengan bobot terkecil
yang menghubungkan sebuah simpul yang sudah terpilih dengan simpul yang sudah terpilih dengan simpul lain
yang belum terpilih. Hal yang membedakan pencarian solusi menggunakan
pemrograman dinamis (Warshall) dengan algoritma greedy adalah, bahwa keputusan
yang diambil pada tiap tahap pada algoritma greedy hanya berdasarkan pada
informasi yang terbatas, sehingga hanya nilai optimum yang diperoleh pada saat
itu. Jadi pada algoritma greedy, kita tidak memikirkan konsekuensi yang akan
terjadi seandainya kita memilih suatu keputusan pada suatu tahap. Dalam
beberapa kasus, Algoritma Greedy gagal memberikan solusi terbaik karena
kelemahan yang dimilikinya tadi. Di sinilah peran pemrograman dinamis yang
mencoba untuk memberikan solusi yang memiliki pemikiran terhadap konsekuensi
yang ditimbulkan dari pengambilan keputusan pada suatu tahap.
Dan pada materi algoritma warshall ini saya akan memberikan link
& interactive video mengenai penerapan algoritma warshall pada kehidupan
sehari – hari.
Link & interactive video algoritma warshall from my group
:
Sekian sedikit ulasan dari saya mengenai materi atau
pelajaran tentang Struktur Organisasi
Data 2 (SOD 2) semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan mohon maaf bila
ada kelebihan atau kekurangan kata.Terima kasih.
Wassalamualaikum wr.wb
Preferences :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar