Jumat, 05 Juli 2013

ALL ABOUT STRUKTUR ORGANISASI DATA 2

ALL ABOUT STRUKTUR ORGANISASI DATA 2

Assalamualaikum wr.wb
Pada kesempatan ini saya akan mengulas mengenai apa saja yang berkaitan dengan struktur organisasi data 2.Ok langsung saja,yang pertama kita belajar tentang struktur data,struktur data itu sendiri adalah suatu koleksi atau kelompok data yang dapat dikarakterisasikan oleh organisasi serta operasi yang didefinisikan terhadapnya,pada materi struktur data ini kita akan mempelajari tentang struktur data dan jenis data seperti :

Tipe data sederhana
1.  Tunggal : Integer, Real, Boolean, Karakter
2.  Majemuk : String
-Struktur data
1.  Sederhana : Array, Record
2. Majemuk :
- Linier : Linier Linked List, Stack, Queue
- Non Linier : Binary Tree, Binary Search Tree, General Tree, Tree, Graf

Karena struktur data merupakan bagian terpenting dalam bahasa pemrograman,jika kita dapat mengetahui tentang jenis – jenis struktur data,maka kita akan mudah untuk mempelajari bahasa pemrograman baik itu menggunakan basic,pascal,c++,vb,ataupun yang lainnnya.selanjutnya pada materi kedua kita akan mempelajari mengenai Array,aray itu sendiri adalah himpunan hingga elemen terurut dan homogen,dalam array terbagi menjadi tiga jenis yaitu array dimensi satu,array dimensi dua dan array dimensi tiga,array dimensi satu contohnya seperti vector,vector adalah bentuk sederhana dari array yang merupakan array dimensi satu,sedangkan array dimensi dua adalah suatu array yang setiap elemennya merupakan tipe data array pula,array berdimensi dua memiliki 2 index yaitu baris dan kolom dan array dimensi tiga Adalah suatu array yang setiap elemennya merupakan tipe data array  juga yang merupakan array dimensi dua.Pendeklarasian array dalam pemrograman itu sendiri contohnya adalah menyajikan nilai UAS mahasiswa yang disimpan dalam array Nilai.

Selanjutnya kita akan mempelajari tentang stack dan queue.Stack adalah suatu bentuk khusus dari linier list, dengan operasi penyisipan dan penghapusan dibatasi hanya pada satu sisinya, yaitu puncak stack (TOP).Penerapan stack dalam kehidupan sehari – hari contohnya adalah baki pada cafĂ©,buku telepon dll.sedangkan Queue adalah antrean atau Suatu bentuk khusus dari linear list, dengan operasi  penyisipan(insertion) hanya diperbolehkan pada salah satu sisi, yang disebut REAR, dan operasi penghapusan(deletion) hanya diperbolehkan  pada sisi yang lainnya, yang disebut FRONTdari list.Penerapan Queue sendiri pada kehidupan sehari –hari contohnya adalah pengantrian pengambilan makanan,proses pembuatan KRS dll.Perbedaan antara Stack dan Queue adalah pada Operasi dasarnya jika pada stack terdiri dari  CREATE(stack) ,ISEMPTY(stack) ,PUSH(elemen, stack) ,POP(stack), sedangkan pada queue terdiri dari  CREATE ,ISEMPTY ,INSERT ,REMOVE.

Selanjutnya kita akan mempelajari tentang graph pada materi sod 2 ini,graph adalah Himpunan V (Vertex) yang elemennya disebut simpul (atau point atau node atau titik) Himpunan E (Edge) yang merupakan pasangan tak urut dari simpul, anggotanya disebut ruas (rusuk atau sisi).Pada materi ini saya juga membuat langkah – langkah pembuatan graph dengan menggunakan aplikasi adobe photoshop cs5,pembuatan graph itu sangat mudah jika kita dapat memahami tentang graph itu sendiri.Dibawah ini saya juga akan memberikan link untuk mendownload langkah – langkah pembuatan graph sederhana yang saya buat.

Link file :

Dalam materi graph juga berkaitan dengan penerapan pada algoritma warshall dan algoritma djikstra.Algoritma warshall adalah salah satu varian dari pemrograman dinamis, yaitu suatu metode yang melakukan pemecahan masalah dengan memandang solusi yang akan diperoleh sebagai suatu keputusan yang saling terkait. Artinya solusi-solusi tersebut dibentuk dari solusi yang berasal dari tahap sebelumnya dan ada kemungkinan solusi lebih dari satu.Dalam algoritma warshall kita dapat mengambil suatu keputusan yang sangat dinamis,karena penerapan pada algoritma warshall juga menjamin keberhasilan penemuan solusi optimum untuk kasus penentuan lintasan terpendek (single pair shortest path).Dalam penerapan sehari – hari algoritma warshall juga dapat digunakan misalnya bila kita ingin bepergian ke suatu tempat dan akses untuk menuju tempat tersebut banyak,kita bisa menggunakan penerapan algoritma warshall yang lebih memilih jalur terpendek sehingga dapat menghemat waktu perjalanan.

Berbeda dengan algoritma djikstra,Algoritma djikstra itu sendiri adalah algoritma yang digunakan untuk mencari  lintasan  terpendek  pada  sebuah graf berarah maupun tidak. Cara kerja  Algoritma dijkstra memakai strategi greedy, dimana pada setiap langkah di pilih sisi dengan bobot terkecil yang menghubungkan sebuah simpul yang sudah terpilih dengan  simpul yang sudah terpilih dengan simpul lain yang belum terpilih. Hal yang membedakan pencarian solusi menggunakan pemrograman dinamis (Warshall) dengan algoritma greedy adalah, bahwa keputusan yang diambil pada tiap tahap pada algoritma greedy hanya berdasarkan pada informasi yang terbatas, sehingga hanya nilai optimum yang diperoleh pada saat itu. Jadi pada algoritma greedy, kita tidak memikirkan konsekuensi yang akan terjadi seandainya kita memilih suatu keputusan pada suatu tahap. Dalam beberapa kasus, Algoritma Greedy gagal memberikan solusi terbaik karena kelemahan yang dimilikinya tadi. Di sinilah peran pemrograman dinamis yang mencoba untuk memberikan solusi yang memiliki pemikiran terhadap konsekuensi yang ditimbulkan dari pengambilan keputusan pada suatu tahap.
Dan pada materi algoritma warshall ini saya akan memberikan link & interactive video mengenai penerapan algoritma warshall pada kehidupan sehari – hari.

Link & interactive video algoritma warshall from my group :

Sekian sedikit ulasan dari saya mengenai materi atau pelajaran  tentang Struktur Organisasi Data 2 (SOD 2) semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan mohon maaf bila ada kelebihan atau kekurangan kata.Terima kasih.
Wassalamualaikum wr.wb

Preferences :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar